Home » » Cara Memasang Bodykit Plastik

Cara Memasang Bodykit Plastik

Cara Memasang Bodykit Plastik

Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang pemasangan bodykit dari bahan plastik, khususnya plastik lokal/kw yang sekarang ini banyak ditemui dipasaran.Selain harganya yang lebih murah dibanding bodykit sejenis dari bahan plastik original dealer maupun import,dengan pemasangan yang tepat dan rapi maka hasilnyapun hampir sama.

Jika anda ingin mencoba memasangkan sendiri dirumah, maka bisa mencoba cara ini dengan dibantu seorang teman atau saudara sudah cukup.Pengerjaan sekitar 3-4 jam, tapi alangkah baiknya jika pemasangan diserahkan kepada pihak bengkel atau variasi mobil yang berpengalaman.

Alat yang dibutuhkan antara lain :

  • Gerinda
  • Bor dengan mata bornya
  • Lem silikon, soligen ,wurth,ataupun sikaflex
  • Obeng dan bautnya
  • lakban kertas yang perekatnya kuat semisal nachi
  • Spidol
  • Kain bersih dan kanebo
  • Doble tip 3M bila perlu
Setelah bodykit dicat, persiapkan alat-alat yang saya sebutkan diatas.Langkah pertama, tanpa dilem terlebih dahulu coba pasangkan bodykit ke body mobil, biasanya untuk bodykit lokal/kw ada beberapa bagian yang dirasa kurang rapat atau kurang presisi karena ada bagian tertentu yang kurang rata atau bagian tertentu yang terlalu menonjol ukurannya.Dengan spidol, beri tanda pada bagian yang kurang presisi tersebut lalu gerinda dikikis sedikit-sedikit saja.Coba lagi dipasangkan sampai benar-benar presisi.

Setelah dirasa sudah presisi dan sudah pas dudukannya, tanpa dilem dahulu, pasangkan bodykit ke body mobil kemudian dengan menggunakan bor, lubangi daerah yang dekat roda untuk membuat dudukan baut.Setelah semua bagian dekat roda ada lubang untuk baut( masing-masing 2 lubang), lepas bodykit lalu beri lem silikon dibagian dalamnya, tidak perlu merata diblok lem, secukupnya saja dengan ukuran yang teratur.

Pasang kembali bodykit ke body mobil yang telah dibersihkan dengan kanebo/kain. Sambil dipaskan ke dudukan yang tadi telah dibuat sebelumnya.Beri baut masing-masing lubang dan kencangkan dengan obeng.Bagian tengah yang jauh dari baut bisa dilakban dengan lakban kertas yang telah dipersiapkan, biarkan sampai kering selama 24 jam baru dilepas lakban kertasnya.

Semoga bermanfaat,lain kali akan saya posting cara memasang karet bodykit setelah bodykit dipasang.

Doc. Solokit Bodykit Plastik



1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.